Rabu, 16 Desember 2009

Kekuatan Doa

Kekuatan
Oleh : Toha MT, Lc


Doa adalah senjata orang beriman. Doa juga merupakan salah satu sarana untuk mencegah bencana dan mendatangkan rahmat.

Allah SWT berfirman :
” Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS: Al-Baqoroh (2): 186)



Rosulullah SAW bersabda:
”Hanya Doa yang bisa menghindarkan bencana yan pasti akan menimpa” (HR: Tirmidzi dan Hakim).
Pintu Allah selalu terbuka lebar bagi hamba-hambanya sedangkan pintu manusia tertutup rapat. Seringkali seorang hamba mengetuk pintu yang tertutup dan meninggalkan pintu yang terbuka. Dia lebih memilih kerugian dari orang-orang yang merugi dan meninggalkan kekayaan Dzat Yang Maha Kaya. Sangat ironi jika ada orang yang kehausan sementara air berada di tangannya. Ironi Jika ia tersesat sedangkan petunjuk jalan lebih dekat dari urat nadinya.

Kekuatan doa sama halnya seperti tameng dan benteng yang menghadang hujaman anak panah. Doa ibarat tetesan air yang menetes terus menerus sehingga mampu mengahncurkan batu besar dan keras. Doa juga merupakan tempat berlabuhnya kebimbangan dan keputusasaan.
Oleh karena itu , Kholid Ibnu Shofwan meminta kepada kita untuk berhati-hati dengan doa orang-orang yang lemah. Beliau mengatakan sebuah kalimat yang mengandung makna sangat dalam :”Takutlah kaian akan senjata (doa) orang-orang yang lemah.” Wallahu alam bisshowab.

Tidak ada komentar: